a) Pemasaran serba sama (undifferentiated marketing)
Perusahaan memutuskan untuk mengabaika perbedaan segmen pasar dan
mengikuti keseluruhan pasar dengan hanya satu tawaran saja dengan
merancang produk yang sama dengan distribusi dan promosi masal untuk
untuk mendapatkan jumlah pembeli terbesar. Sebagai contoh permen Hexos
dirancang untuk setiap orang. Penawaran serba sama dipertahankan atas
dasar penghematan biaya produksi, transportasi, iklan dan sebagainya.
b) Pemasaran serba aneka (differentiated marketing)
Perusahaan memutuskan untuk beroperasi dalam beberapa segmen pasar
dengan merancang program penawaran sendiri untuk setiap segmen. Sebagai
contoh perusahaan mobil merek Toyota produknya dirancang dengan berbagai
tipe untuk menjangkau setiap pasar, tujuan dan kepribadian. Dengan
semikian Toyota Motor berharap dapat mencapai penjualan lebih tinggi dan
posisi lebih baik.
c) Pemasaran terpusat (concentrated marketing)
Banyak perusahaan melihat kemungkinan ketiga yang sangat menarik
khususnya jika sumber daya yang dikuasai dan dimiliki perusahaan
terbatas. Daripada mencari pangsa pasar kecil dalam sebuah pangsa pasar
besar, lebih baik perusahaan mencari pangsa pasar besar dalam satu atau
beberapa subpasar. Contohnya Volkswagen telah memusatkan perhatian pada
pasar kendaraan kecil.
Pemilihan pasar sasaran akan menentukan bagaimana mengalokasikan
sumber daya perusahaan diarahkan untuk program pemasaran. Setelah
melakukan segmentasi, pemasar dapat memilih target pasar atau pasar
sasaran yang sesuai dengan tahap segmentasi tersebut.
Score: 85, Good!
ReplyDelete