Wednesday, 5 March 2014

penjelasan 3 strategi cakpan pasar

a)      Pemasaran serba sama (undifferentiated marketing)

Perusahaan memutuskan untuk mengabaika perbedaan segmen pasar dan mengikuti keseluruhan pasar dengan hanya satu tawaran saja dengan merancang produk yang sama dengan distribusi dan promosi masal untuk untuk mendapatkan jumlah pembeli terbesar. Sebagai contoh permen Hexos dirancang untuk setiap orang. Penawaran serba sama dipertahankan atas dasar penghematan biaya produksi, transportasi, iklan dan sebagainya.

b)      Pemasaran serba aneka (differentiated marketing)

Perusahaan memutuskan untuk beroperasi dalam beberapa segmen pasar dengan merancang program penawaran sendiri untuk setiap segmen. Sebagai contoh perusahaan mobil merek Toyota produknya dirancang dengan berbagai tipe untuk menjangkau setiap pasar, tujuan dan kepribadian. Dengan semikian Toyota Motor berharap dapat mencapai penjualan lebih tinggi dan posisi lebih baik.

c)      Pemasaran terpusat (concentrated marketing)

Banyak perusahaan melihat kemungkinan ketiga yang sangat menarik khususnya jika sumber daya yang dikuasai dan dimiliki perusahaan terbatas. Daripada mencari pangsa pasar kecil dalam sebuah pangsa pasar besar, lebih baik perusahaan mencari pangsa pasar besar dalam satu atau beberapa subpasar. Contohnya Volkswagen telah memusatkan perhatian pada pasar kendaraan kecil.


Pemilihan pasar sasaran akan menentukan bagaimana mengalokasikan sumber daya perusahaan diarahkan untuk program pemasaran. Setelah melakukan segmentasi, pemasar dapat memilih target pasar atau pasar sasaran yang sesuai dengan tahap segmentasi tersebut. 

1 comment: