Biaya pemasaran dianggarkan dengan menggunakan biaya tahun (periode) yang sudah lampau sebagai referensi
Keuntungan metode ini mudah dikerjakan.
Kelemahannya perubahan strategi dan atau program aksi tidak diperhatikan.
Anggaran Persentase Tetap
Anggaran biaya pemasaran dipatokan sekian persen dari anggaran pendapatan.
Keuntungan metode ini mudah dikerjakan
Kelemahannya:
perubahan strategi dan atau program aksi tidak diperhatikan
Pada periode yang diprakirakan permintaan pasar akan rendah, sehingga pendapatan akan rendah juga, biaya pemasaranpun turut menjadi rendah; padahal untuk menaikan volume penjualan diperlukan peningkatan biaya riset dan promosi.
3. Anggaran Kompetitif
Anggaran pemasaran mengikuti strategi dan program aksi pemasaran hotel saingan utama (berdasarkan hasil marketing intelligence).
Keuntungan metode ini tidak perlu melakukan riset pasar yang rumit dan besar biayanya.
Kelemahannya:
Pasar yang dimasuki hotel saingan belum tentu menguntungkan bagi hotel kita.
Kalau strategi mereka gagal kita ikut gagal juga.
4. Anggaran Berdasarkan Tujuan dan Program Aksi
Anggaran pemasaran dibuat berdasarkan tujuan-tujuan pemasaran yg ingin dicapai, strategi-strategi yg ditetapkan serta program aksi yang akan dilaksanakan.
Keuntungan program ini biaya tersedia akan memadai untuk menunjang kegiatan-kegiatan pemasaran yang diperlukan (realistis).
Kelemahannya, memerlukan analisa situasi dan perhitungan-perhitungan yang rumit dan memakan banyak waktu.
Menurut saya anggaran berdasarkan tujuan dan program aksi lebih baik dari pada 3 anggaran lainnya karena kelemahan pada anggaran berdasarkan tujuan dan program aksi hanya pada analisa situasi dan perhitungan yang cukup rumit, jika saat menentukan anggaran leih teliti dan hati-hati tentu kelemahan itu dapat di atasi dengan baik sehingga tidak mengganggu kegiatan perusahaan.
Penjelasannya ok, tetapi ini bukan tugas ibu, tq
ReplyDelete