Setelah melakukan segmentasi pasar, berikutnya, pemasar harus membidik segmen pasar yang terbaik. Untuk melakukannya, pemasar terlebih dulu harus mengevaluasi potensi laba masing-masing segmen. Kemudian pengiklan harus memutuskan berapa banyak segmen yang akan diliput. Pengiklan dapat mengabaikan perbedaann antar segmen, mengembangkan berbagai penawaran pasar untuk beberapa segmen, atau menggarap satu atau beberapa segmen. Keputusan peliputan pasar akan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti sumber daya perusahaan, homogenitas produk dan pasar, tahap siklus hidup produk dan strategi pemasaran bersaing. Dalam memilih segmen sasaran, para pemasar perlu menyadari adanya keterkaitan antar segmen serta kemungkinan pergerakan ke segmen lain.
Penetapan posisi pasar adalah kombinasi produk, saluran distribusi, harga dan strategi promosi suatu perusahaan yang digunakan untuk penetapan posisinyadalam melawan pesaing dalam mempertemukan keinginan dan kebutuhan pasar sasaran
Strategi ini adalah untuk menetapkan produk dalam mata dan pikiran pembeli yangmembedakan dengan produk dari pesaing
Posisi adalah suatu proses atau upaya untuk menempatkan suatu produk, merek,perusahaan, individu atau apa saja dalam alam pikiran mereka yang dianggap sebagaisasaran atau konsumennya
Penetapan posisi difokuskan pada seluruh perusahaan, bauran produk, lini produk yangspesifik atau merek walaupun sering difokuskan pada merek
Atribut produk sangat berperan penting di dalam pengenalan sebuah produk atau jasa karena melibatkan penentuan manfaat yang akan diberikan kepada konsumen. Atribut produk meliputi merek, kemasan, jaminan, pelayanan, dan sebagainya. Jadi auatu perusahaan harus menentukan suatu ciri dari suatu produk dengan atribut produk yang mampu menarik dan memberi persepsi kepada konsumen sebagan penetapan posisi suatu produk tersebut.
Atribut produk yang terdapat dalam sejumlah merk yang bersaing dapat menyumbang bagi keberhasilan strategi penetapan posisi pasar karena atribut produklah yang memberikan ciri khas pada suatu produk. Misalnya merk,pembungkusan, label, garansi atau jaminan dan produk tambahan yang baik dari suatu produk maka akan menarik konsumen, sebagaimana bagian dari proses penetapan posisi pasar ialah dengan menentukan cirri khas dari suatu produk yang mampu menarik perhatian konsumen.
Kenapa beberapa restoran berbahaya saat ingin mengembangkan restorannya untuk memenuhi keinginan semua orang karena dilihat dari penetapan posisi produknya karena sama mengambil ciri khas restoran yang dapat memenuhi kebutuhan semua orang maka tidak akan ada ciri khas dari masing-masing restorannya. Karena restoran yang ingin berkembang lebih dari satu maka akan timbul persaingan antar restoran tersebut yang dapat membingungkan konsumen. Dilihat dari pendapatan restoran juga tidak akan terlalu besar karena banyaknya saingan dari restorannya.
No comments:
Post a Comment